KPK Agendakan Periksa 4 Pimpinan DPRD dalam Kasus Korupsi Dana Hibah di Jatim

- Rabu, 25 Januari 2023 | 17:14 WIB
KPK Agendakan Periksa 4 Pimpinan DPRD dalam Kasus Korupsi Dana Hibah di Jatim
KPK Agendakan Periksa 4 Pimpinan DPRD dalam Kasus Korupsi Dana Hibah di Jatim

 

SurabayaNetwork.id- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap empat pimpinan DPRD Jawa Timur (Jatim) pada Rabu 25 Januari 2023.

Keempat pimpinan yang diagendakan diperiksa adalah Ketua DPRD Jatim, Kusnadi serta tiga Wakil Ketua DPRD Jatim yaitu Anik Maslachah, Anwar Sadad, dan Achmad Iskandar.

Mereka diperiksa atas kasus dugaan suap dalam pengelolaan dana hibah Pemprov Jatim yang melibatkan Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua P. Simandjuntak yang telah ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu.

Dalam rilis di KPK sebelumnya, Sahat Tua disebut diduga menerima suap senilai Rp 5 Miliar dari pengurusan alokasi dana hibah untuk kelompok masyarakat.

Politikus Partai Golkar itu diduga mendapatkan komitmen fee ijon sebesar Rp 20 persen dari anggaran hibah yang dikucurkan.

Baca Juga: Driver Taksi Online Dibegal Dua Penumpang Todong Clurit di Leher

Selain Sahat, ada tiga tersangka lainnya yakni staf ahli Rusdi (RS), Kepala Desa Jelgung Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang, Abdul Hamid (AH) dan Koordinator Lapangan Kelompok Masyarakat (Pokmas), Ilham Wahyudi (IW).

Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam rilisnya menyebutkan selain keempat pimpinan DPRD, pihaknya juga memanggil sejumlah saksi.

Yaitu PNS pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sampang, Rudi; Kepala Desa Robatal, Hodari; Camat Robatal, Ahmad Firdausi; Kadis PU dan Bina Marga Jatim, Edy Tambeng Widjaja; Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jatim, Baju Trihaksoro.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X