Ada 7 Kota dengan Nama Sama di Jawa Timur, Gak Pengen Ganti Nama Juga?

- Rabu, 25 Januari 2023 | 20:59 WIB
Ada 7 Kota dengan Nama Sama di Jawa Timur, Gak Pengen Ganti Nama Juga? ( jatim.bpk.go.id.)
Ada 7 Kota dengan Nama Sama di Jawa Timur, Gak Pengen Ganti Nama Juga? ( jatim.bpk.go.id.)

SurabayaNetwork.id - Wacana penggantian nama kabupaten dan kota di Indonesia, belakangan ini kembali mengemuka, setelah rencana penggantian nama Kabupaten Ciamis disikapi serius oleh Bupati Herdiat Sunarya.

Sebelumnya di tahun 2021, usulan penggantian nama juga diajukan oleh Bupati Kabupaten Malang, H.M. Sanusi. Wacana tersebut masih bergulir hingga kini, bahwa Malang akan berganti nama menjadi Kabupaten Kepanjen.

Bila berkaca dengan sejarah, perubahan nama daerah di Indonesia sudah terjadi berkali-kali. Khusus untuk Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Surabaya pada tahun 1974 telah mengubah namanya menjadi Kabupaten Gresik.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Pemula Obatnya Penyakit Hati Singkat Lengkap Doa

Menurut sejarah, daerah-daerah dengan nama sama di Indonesia, merupakan bagian dari strategi penjajah Belanda untuk memecah-belah masyarakat.

Wilayah kabupaten yang dipimpin oleh bupati pribumi, umumnya dihuni oleh penduduk menengah ke bawah, sedangkan wilayah kotamadya yang dipimpin oleh walikota dari Belanda, umumnya dihuni warga Eropa atau penduduk golongan atas.

Itulah salah satu alasan kenapa Kabupaten Malang ingin berganti nama menjadi Kabupaten Kepanjen, untuk menghilangkan jejak sejarah adu domba penjajah.

Di Provinsi Jawa Timur saat ini, terdapat 7 daerah dengan nama kembar, jika disetujui oleh masyarakat, bukan tidak mungkin salah satu di antaranya juga akan berganti nama.

Daerah mana saja? Berikut ini datanya:

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X