Salah Lingkungan Bisa Jadi Penyebab Gagal SBMPTN, Jangan Pilih Lingkungan Toxic

- Senin, 27 Desember 2021 | 18:01 WIB
Salah Lingkungan Bisa Jadi Penyebab Gagal SBMPTN, Jangan Pilih Lingkungan Toxic (Foto: unsplash.com)
Salah Lingkungan Bisa Jadi Penyebab Gagal SBMPTN, Jangan Pilih Lingkungan Toxic (Foto: unsplash.com)

SurabayaNetwok.id - Dari 777.858 siswa yang mendaftar SBMTPN, hanya 184.942 yang dinyatakan lulus SBMPTN. Atau hanya 23,78 persen akan kuliah di PTN. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa faktor yang membuat gagal SBMPTN.

Kegagalan utama SBMPTN ternyata ada di faktor lingkungan dalam belajar. Faktor ini punya berpengaruh besar dalam penyebab gagal SBMPTN.

Kebanyakan siswa tidak menyadari sedang terjebak dalam persahabatan atau pergaulan yang toxic. Tapi kalau belum sadar, untuk mengetahui itu toxic atau tidak, coba ajak belajar bareng.

Baca Juga: Resep Bakso dan Ikan Bakar untuk Makanan Tahun Baru, Seru untuk Rame-rame

Cara melihatnya mudah, coba lemparkan topik terkait dengan masa depan. Misal, mau kuliah dimana, jurusan apa, ikut bimbel atau tidak, atau sudah persiapan apa saja untuk ikut UTBK-SBMPTN.

Jika jawabannya meremehkan, sebaiknya cari pergaulan lain yang bisa jadi support system buat kamu. Salah satu kunci sukses SBMPTN adalah LINGKUNGAN.

Cari pergaulan yang sama-sama semangat belajar. Pergaulan yang kompetitif, punya cita-cita tinggi untuk kuliah. Banyak yang gagal SBMPTN bukan karena tidak belajar, tapi karena pergaulannya tidak bagus.

Baca Juga: 5 Jurus Sehat Ala Nabi, Dijelaskan Dokter Zaidul Akbar, Salah Satunya Minum Air Putih Sebelum Sholat

Karena salah pergaulan akan membuat usaha kita sia-sia. Malem belajar berjilid-jilid buka, siangnya haha hihi bersama lingkungan toxic, musnah semua perjuanganmu.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Contoh Judul Skripsi Hukum Perdata 2022

Jumat, 13 Mei 2022 | 21:14 WIB
X