Selain Maaf Dan Terima Kasih, Ini 6 Hal Yang Wajib Diajarkan Anak Usia 3 Tahun

- Jumat, 31 Desember 2021 | 09:01 WIB
Selain Maaf Dan Terima Kasih, Ini 6 Hal Yang Wajib Diajarkan Anak Usia 3 Tahun (Pixabay@lollypopphotographUK)
Selain Maaf Dan Terima Kasih, Ini 6 Hal Yang Wajib Diajarkan Anak Usia 3 Tahun (Pixabay@lollypopphotographUK)
 
SurabayaNetwork.id - Memiliki anak dengan sikap dan karakter positif tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Namun, untuk mencapai hal itu, orang tua harus sadar bahwa untuk menjadikan anak memiliki karakter positif, perlu penanaman karakter positif sejak dini.
 
Sebelum melakukan penanaman karakter positif, orang tua juga wajib paham tahapan-tahapan perkembangan anak di setiap usianya. Sehingga dengan itu, orang tua akan lebih mudah untuk memberikan penanaman karakter positif kepada anak.
 
Usia 3 tahun merupakan usia ideal bagi seorang anak untuk diajarkan karakter positif. Selain usianya yang menginjak masa golden ages, usia 3 tahun bagi anak sudah mulai bisa menangkap apa-apa yang dicontohkan oleh orang tuanya.
 
 
Dilansir dari Sharing Mama, berikut hal-hal yang wajib diajarkan kepada anak usia 3 tahun:
 
1. Mengendalikan emosi
Anak usia 3 tahun biasanya sudah mulai memahami hampir seluruh kalimat yang ia dengar. Di samping itu, ia juga mulai bisa memahami sebab dan akibat yang terjadi dengan lebih baik.
 
2. Meminta maaf dan memaafkan
Orang tua harus mencontoh lebih sering bagaimana meminta maaf dan memaafkan, karena hal tersebut memudahkan anak untuk meniru kebiasaan meminta maaf dan memaafkan dari apa yang dilihatnya.
 
3. Berterima kasih
Untuk kebiasaan mengucapkan kata terima kasih, hal ini sudah bisa diajarkan sejak anak berusia 2 tahun. Hingga usia 3 tahun, anak harus terus menerus diajarkan dan dicontohkan agar semakin mengingat dan memahami kata terima kasih dan menerapkannya di dalam keseharian.
 
 
4. Kedisiplinan
Kedisiplinan menjadi hal yang tidak mudah untuk diajarkan kepada anak, apalagi anak usia 3 tahun. Akan tetapi, orang tua tetap perlu menerapkannya agar keteraturan terus berlanjut di usia-usianya selanjutnya.
 
5. Berbagi
Sifat egosentris di usia ini sudah mulai berkurang. Maka dari itu, orang tua harus sudah mulai mengajarkan anak untuk berbagi. Bisa berbagi makanan atau berbagi mainan kepada teman maupun saudaranya.
 
6. Empati
Anak usia 3 tahun juga sudah mulai bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Maka dari itu, mengajarkan empati akan lebih mudah pada usia ini agar anak tidak memukul orang lain.
 
Itulah keenam hal yang wajib diajarkan oleh anak usia 3 tahun agar memiliki sikap dan karakter positif yang dibawanya hingga dewasa kelak.***

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Contoh Judul Skripsi Hukum Perdata 2022

Jumat, 13 Mei 2022 | 21:14 WIB
X