Passing Grade SNMPTN UNDIP UNS UNNES UGM UB 2022

- Senin, 3 Januari 2022 | 10:32 WIB
Ilustrasi daftar SNMPTN 2022. (Dok Net/Istimewa)
Ilustrasi daftar SNMPTN 2022. (Dok Net/Istimewa)

SurabayaNetwork.ID - Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru adalah SNMPTN. Kuota SNMPTN secara nasional adalah 30% setiap kampus, misal kampus A tahun 2022 akan menerima 100 mahasiswa baru, maka 30 mahasiswanya diperoleh melalui jalur SNMPTN.

Kuota eligible SNMPTN adalah jumlah siswa di sekolah yang boleh mendaftar SNMPTN. Jumlah tersebut ditetapkan oleh LTMPT selaku panitia seleksi mahasiswa baru nasional. Masing-masing sekolah mempunya kuota yang berbeda sesuai jumlah siswa dan akreditasinya.

Jadi, ada faktor penting dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, yaitu kuota Unviersitas dan kuota eligible sekolah. Tidak semua siswa eligible SNMPTN di sekolah akan diterima di Kampus Idaman.

Baca Juga: Daftar dan Jadwal Tayang Drama Korea Bulan Januari 2022

Maka jangan berbangga diri dulu jika kamu masuk kuota eligible, dan juga jangan putus asa ketika kamu tidak masuk kuota eligible. Apalagi sampai insecure, merasa bodoh, merasa tertinggal. Itu semua tidak benar. 

Tetap semangat karena masih ada penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN dan jalur mandiri. Bagi kamu yang masuk kuota eligible, kamu belum tentu diterima di Kampus Idaman-mu. Kamu harus bersaing juga dengan pendaftar dari sekolah lain.

Untuk itu, sebelum memilih jurusan, cek kembali nilai-nilai-mu. Jangan asal memilih, atau bahkan memilih menggunakan ego.

Ada dua hoax yang beredar di dunia maya seputar SNMPTN. Yang pertama adalah hoax memilih 1 PTN dan 1 jurusan lebih berpeluang lolos daripada memilih 2 PTN dan 2 juruan.

Baca Juga: Mulai Masuk Sekolah, Ini Aturan Lengkap SKB 4 Menteri Seputar PTM 2022

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Contoh Judul Skripsi Hukum Perdata 2022

Jumat, 13 Mei 2022 | 21:14 WIB
X