Pernyataan Sikap Unesa Terhadap Kasus Kekerasan Seksual yang Terjadi di Kampus

- Selasa, 11 Januari 2022 | 13:45 WIB
Pernyataan Sikap Unesa Terhadap Kasus Kekerasan Seksual yang Terjadi di Kampus (Instagram@official_unesa)
Pernyataan Sikap Unesa Terhadap Kasus Kekerasan Seksual yang Terjadi di Kampus (Instagram@official_unesa)


Surabayanetwork.id - Setelah unggahan akun @dear_unesacatcaller mencuat, pihak Unesa mengambil tindakan cepat dengan menyatakan pernyataan sikap mereka yang kemudian diunggah oleh akun @official_unesa pada 10 Januari 2021.

"Menanggapi dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oknum dosen jurusan Hukum terhadap mahasiswi, Unesa menempuh langkah cepat untuk menangani kasus ini. Unesa membentuk tim investigasi dari unsur jurusan Hukum dan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) untuk mengusut cepat dan tepat kasus tersebut dengan menjunjung tinggi prinsip pro-korban.." tulis akun tersebut.

Pihak Unesa juga membuka nomor layanan pengaduan untuk korban lain yang mengalami kekerasan seksual juga. mereka berharap untuk bisa segera menyelesaikan kasus ini dengan cepat.

Baca Juga: Menang Dalam Ajang Bergengsi Golden Globes, Aktor Squid Game Oh Young Soo Menjadi Aktor Korea Pertama

"Sebagai bentuk komitmen Unesa dalam memerangi kemungkinan kasus serupa, Satgas PPKS membuka layanan pengaduan bagi seluruh civitas akademika yang mengalami kekerasan seksual melalui nomor layanan pengaduan 082142815124. Kami mengharap kerjasama dari seluruh civitas akademika dalam penuntasan kasus-kasus kekerasan seksual untuk mewujudkan UNESA yang nol kekerasan seksual."

Pernyataan sikap yang diambil oleh pihak Unesa sendiri berisi:

1. Kami menyampaikan bahwa UNESA sangat mengapresiasi dan berterima kasih terhadap penyintas yang sudah menyuarakan kasus ini.
Kami berharap, penyintas berani bersuara dan melakukan pengaduan atas kekerasan seksual yang mereka alami dengan jaminan UNESA memberikan Perlindungan kerahasiaan identitas, pendampingan psikologis maupun hukum.

2. Atas dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oknum dosen jurusan Hukum terhadap mahasiswi UNESA menempuh langkah cepat dan terukur sebagai berikut:

- Unesa membentuk tim investigasi dari unsur jurusan Hukum dan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) untuk mengusut cepat dan tepat kasus tersebut. tim sudah melakukan pemanggilan dan meminta keterangan kepada terduga pelaku dan penyintas.

- Dalam penanganan kasus, UNESA menjunjung tinggi Prinsip pro-korban.

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Contoh Judul Skripsi Hukum Perdata 2022

Jumat, 13 Mei 2022 | 21:14 WIB
X