Takut saat Sidang Skripsi, Ini Bocoran Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Sidang Skripsi

- Minggu, 15 Mei 2022 | 13:28 WIB
Ilustrasi judul skripsi manajemen pemasaran. (Pexels/Christina Morillo)
Ilustrasi judul skripsi manajemen pemasaran. (Pexels/Christina Morillo)


Surabaya Network.id – Sidang skripsi merupakan langkah terakhir dari masa perkuliahan, akan tetapi banyak mahasiswa yang mengalami stress ketika akan menghadapinya.
 
Pertanyaan yang kurang prediktif kadang membuat para mahasiswa sulit untuk menjawab pertanyaan yang diajukan saat sidang skripsi.
 
Ada beberapa tips untuk kamu yang sedang mempersiapkan sidang skripsi supaya bisa menjawab pertanyaan dari para dosen penguji.
 
 
Yang pertama perlu kamu siapkan adalah mental. Kondisi mental yang kurang baik atau gugup akan berpengaruh para konsentrasi sehingga bisa membuat materi yang dikuasai hilang atau istilahnya blank.
 
Kamu harus istirahat dengan cukup supaya pikiran tenang dan badan segar saat menghadapi sidang skripsi.
 
Selain mempersiapkan mental dan fisik, mahasiswa juga harus memahami pertanyaan- pertanyaan yang akan diajukan oleh para dosen penguji.
 
Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para penguji yang perlu dipahami oleh mahasiswa,
 
1. Apa judul penelitian anda?
“Dalam skripsi ini, saya mengambil judul penelitian ini...”
 
Nah, dalam menyampaikan judul, kamu tidak boleh ragu ya. Parakan secara jelas, tegas dan percaya diri bahwa judul yang kamu pilih adalah judul yang baik dan berkualitas.
 
2. Mengapa anda mengambil judul tersebut?
“Karena sesuai dengan fenomena yang ada di lapangan, beberapa data dan observasi yang saya kumpulkan, dan rumusan masalah yang saya temukan cukup menarik minat saya untuk mengangkat dan meneliti topik tersebut”.
 
3. Apa yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini?
Pertanyaan ini sebenarnya hampir sama dengan pertanyaan sebelumnya.
 
Kamu dapat menjawabnya dengan, “Berdasarkan hasil penelitan yang telah saya lakukan hampir selama dua bulan terakhir ini, saya mendapatkan beberapa masalah di bagian (munculkan fenomena atau data yang berhubungan dengan judul dalam penelitian kamu).
 
4. Apa rumusan masalah penelitian anda dan apa tujuannya?
Meskipun terlihat sederhana, rumusan masalah dan tujuan penelitian adalah satu hal yang cukup penting dalam proses penyusunan skripsi loh.
 
Jika dosen penguji pengajukan pertanyaan ini, kamu cukup menjawab sesuai dengan yang ada di skripsi kamu dan jangan lupa untuk dikembangkan kembali.
 
5. Mengapa anda mengambil dasar teori ini?
Penggunaan teori yang sering diletakkan di bab 2 bukan hanya sebagai pemanis saja, tetapi merupakan pijakan dan dasar teori yang kamu gunakan untuk mengupas masalah yang akan dibahas.
 
Ketika dosen penguji menanyakan hal tersebut, maka jawab saja sesuai dengan teori yang telah kamu kumpulkan dan analisis.
 
6. Apa hipotesis penelitian anda?
Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjelaskan teori seperti x mempengaruhi y dan tidak perlu menjelaskan secara spesifik lokasi dan waktunya.
 
7. Metode penelitian apa yang anda gunakan?
Jenis pertanyaan ini mungkin cukup familiar dan sering ditanyakan.
Ada dua metode penelitian dalam penulisan skripsi yaitu, kualitatif dan kuantitatif.
 
Perbedaan skripsi kualitatif dan kuantitatif terdapat pada data yang digunakan dan cara menganalisanya. Kedua metode ini bisa anda gunakan untuk skripsi jurusan apapun.
 
Untuk itu kamu bisa menjawab nya sesuai dengan apa yang telah kamu tulis misalnya, “Menurut (.......), bahwa penelitian yang saya gunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif”.
 
8. Apa hasil penelitian dari yang anda lakukan?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan inti. Dosen penguji akan menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui apakah hasil penelitian yang kamu sudah sesuai dengan hipotesis atau justru sebaliknya.
 
9. Apa kesimpulan yang bisa anda jelaskan dari hasil penelitian tersebut?
Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu cukup menjawab sesuai dengan kesimpulan di bab 5.
 
Berikan jawaban dengan mantab dan jelas serta berikan kalimat penutup yang bisa dipahami dosen penguji dengan baik.
 
 
Itulah beberapa pertanyaan dan contoh jawaban yang bisa jadi referensi untuk kamu yang sedang mempersipkan sidang skripsi. Semoga membantu.
***
 

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X