11 Kesan dan Pesan dari Siswa untuk Guru dalam Acara Perpisahan Sekolah

- Senin, 27 Juni 2022 | 12:14 WIB
kesan dan pesan siswa untuk guru
kesan dan pesan siswa untuk guru
SurabayaNetwork.id - Dalam momen perpisahan sekolah, sebaiknya kamu memberikan pesan dan kesan terutama untuk guru
 
Kesan adalah tentang apa pendapat kita mengenai guru yang telah mengajar kita.
 
Sedangkan pesan adalah pesanan, suruhan, nasihat, perintah, permintaan, dan amanat yang disampaikan kepada guru
 
Pesan disini juga dapat diartikan sebagai kritikan atau saran untuk guru yang sifatnya membangun.
 
 
Hal ini bertujuan agar kamu bisa menjadikan acara perpisahan sekolah yang tidak terlupakan untuk guru dan sekolah.
 
Nah, bagaimana sebaiknya kesan dan pesan terbaik yang akan kamu sampaikan di acara perpisahan sekolah?
 
Berikut ini, Surabaya Network.id rangkum kumpulan contoh kesan dan pesan untuk guru terbaik di acara perpisahan sekolah.
 
Contoh 1
 
Kesan: Tidak ada sesuatu yang paling mengesankan selain kisah dan cerita saya di sekolah. 
 
Selama tiga tahun ini, kesulitan, kebahagiaan, kegembiraan, hingga suka dan duka kita lalui bersama. 
 
Saya mendapat ilmu baru, pengalaman baru, pemikiran baru, dan yang terpenting adalah karakter diri yang kuat sebagai buah dari teladan para guru.
 
Pesan: Ada perjumpaan tentu ada perpisahan. Tapi, perpisahan bukanlah akhir melainkan akan menjadi permulaan yang baru. 
 
Dunia terus berputar, waktu terus berlalu, tapi silaturahmi kita tetap jangan putus. Mari kita rawat terus kebersamaan yang penuh ilmu ini.
 
Contoh 2
 
Kesan: Dulu, terutama sejak awal-awal masuk ke sekolah, saya adalah orang yang merasa malas dan enggan-enggan untuk datang ke acara formal seperti perpisahan. 
 
Saya pikir, untuk apa datang jikalau nantinya tidak dapat snack, hanya duduk di bangku belakang, atau bahkan hanya diminta bantu-bantu menyusun kursi.
 
Namun hari ini, sekarang, pada saat ini, saya merasa bahwa sayalah orang yang paling menyesal karena kurang berkontribusi lebih bagi sekolah.
 
Pada saat yang berbahagia sekaligus haru ini, saya menyadari bahwa waktu kita bersekolah itu sangatlah singkat, namun kenangannya akan terus ada sepanjang hayat.
 
Alhasil, saya bersyukur telah bertemu orang-orang hebat seperti Bapak, dan Ibu Guru. Saya juga beruntung karena telah dipertemukan dengan teman-teman yang hebat.
 
Pesan: Jangan sia-siakan waktu sekolah. Nikmatilah setiap proses, dan pelajarilah semuanya. Petik kebaikan-kebaikan yang ada pada guru, lalu amalkan. 
 
Pada akhirnya nanti, kisah yang kita lalui akan menjadi kenangan indah dan selalu rindu untuk menceritakannya kembali.
 
Contoh 3
 
Kesan : Bapak dan ibu adalah guru yang paling berkesan bagi kami. Materi pelajaran menjadi sangat kami sukai.
 
Terlebih kisah-kisah yang selalu bapak dan ibu ceritakan dengan sangat detail dan mendalami di sela-sela pembelajaran.
 
Guru biasanya identik dengan sifat tegas dan galak, tapi tidak untuk ibu guru kami yang selalu lemah lembut mengajari kita.
 
Pesan : Semoga ilmu yang telah Bapak berikan kepada kami dapat bermanfaat di dunia dan akhirat. 
 
Selain itu, saya berpesan supaya bapak selalu menjaga kesehatan agar dapat mengajar lebih banyak siswa lagi.
 
Bapak dan Ibu adalah guru yang tidak akan kami lupakan setelah lulus nanti. Jadi saya dan seluruh teman sekelas meminta supaya bapak dan ibu guru juga tidak melupakan kami.
 
Contoh 4
 
Kesan : Terimakasih kepada guru yang telah membimbing kami selama ini. 
 
Terimakasih kepada guru yang telah mengajari kami walau hanya dalam waktu singkat.
 
Pengalaman ini benar-benar membuat kami merasa kenal dekat dengan guru semua, apalagi cara guru menyampaikan materi dengan begitu menyenangkan.
 
Guru selalu mengajari kami dengan penuh semangat, kesabaran, dan kegembiraan sehingga kami benar-benar tidak ingin berpisah dengan guru-guru semua.
 
Pesan : Walau ini menjadi akhir pertemuan kami dengan guru disekolah ini, saya berpesan supaya guru tidak pernah melupakan kami. 
 
Guru juga harus tetap bersemangat dan jaga kesehatan supaya cita-cita guru bisa tercapai.
 
Contoh 5
 
Kesan : Guru bagaikan orang tua untuk kami semua yang telah membimbing apa yang benar dan mengingatkan apa yang salah.
 
Pesan : Terimakasih kepada bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami semua, semoga ilmu yang telah Bapak dan Ibu sampaikan dapat memberi berkah dan manfaat bagi kami.
 
Contoh 6
 
Kesan : Terimakasih kepada seluruh bapak dan ibu guru yang telah membimbing saya, memberi contoh yang baik, dan mengingatkan yang salah.
 
Sejujurnya kami sering merasa keberatan karena ibu guru suka memberi banyak PR. 
 
Namun kami tetap berterimakasih karena dengan cara itu kami bisa menjadi pribadi yang disiplin dan rajin dalam mengerjakan setiap tugas.
 
Pesan : Kami akan selalu ingat dengan seluruh jasa bapak dan ibu guru, kami juga berpesan supaya bapak dan ibu guru tetap menjadi pembimbing yang penuh kesabaran dan perhatian kepada siswa baru nantinya.
 
Contoh 7
 
Kesan: Selama ibu guru mengajar disini kami merasa senang. Ibu mengajar dengan jelas dan mudah dipahami. 
 
Saya kagum dengan bapak atau ibu guru yang telah mengajar kami selama ini, karena bapak ibu guru telah memberikan yang terbaik untuk kami.
 
Kami mampu meningkatkan motivasi kami dalam belajar lebih giat dan selalu semangat menghadapi sulitnya mata pelajaran yang diberikan oleh bapak ibu guru.
 
Sehingga banyak ilmu yang telah kami dapat dari ibu. Kami sangat sedih karena akhirnya harus berpisah dengan bapak ibu guru.
 
Saya bangga dengan bapak ibu guru pahlawan tanpa tanda jasa.
 
Pesan: Pesan dari kami adalah ibu guru jangan pernah melupakan kami.
 
Selain itu kami berpesan agar bu guru tetap menjadi pribadi yang baik, ramah dan kelak mendapat pekerjaan dan menjadi guru yang difavoritkan dan disenangi murid-muridnya
 
Jangan bosan untuk mendidik siswa siswi yang kurang dalam ilmu pengetahuan dan sikap yang kurang sopan kepada bapak ibu guru.  
 
Jadikan kami sebagai motivasi untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa dan berbudi luhur, selain itu lebih bersabar dalam menghadapi siswa siswi yang sulit untuk di nasehati.
 
Contoh 8
 
Kesan: Masuk sekolah, pada awalnya tempat ini terasa asing bagi saya. Guru-guru yang saya temui laksana orang asing. 
 
Teman-teman yang saya temui juga seperti orang asing. Pun demikian dengan lingkungan di sini.
 
Namun, lambat laun semuanya terasa berbeda. Saya pun jadi betah. Saya pun menikmati apa yang namanya belajar, mengasah keterampilan, hingga menata mindset (pola pikir) untuk menjadi pribadi yang pantang berpatah arang.
 
Dari kebetahan dan kenikmatan itu, ternyata semakin ke sini saya pun semakin rindu dengan sekolah. 
 
Rindu dengan guru, rindu dengan teman-teman, rindu dengan lingkungan sekolah, serta rindu berkeliling di taman sekolah. Sungguh, sekolah adalah lingkungan terbaik setelah keluarga.
 
Pesan: Tataplah langit dan liriklah bintang-bintang. Seketika itu, kita pun akan menyadari tentang betapa pentingnya impian.
 
Tapi, sesekali menunduk lah, lalu lihatlah di mana kedua kaki ini berpijak. Benar, kita hidup di bumi. Biarlah cita-cita ini melangit, tapi sikap kita tetaplah membumi.
 
Contoh 9
 
Kesan : Saya merasa sangat kagum dengan cara ibu guru menyampaikan materi pembelajaran, setiap materi yang sulit selalu diberikan contoh penerapannya sehingga kami bisa memahaminya dengan mudah. 
 
Selain itu, ibu guru juga sering memberi motivasi dan dorongan kepada kami sehingga kami memiliki semangat besar dalam belajar dan menggapai masa depan.
 
Pesan : Pesan dari saya dan seluruh teman sekelas adalah semoga ibu guru tidak pernah melupakan kami. 
 
Selain itu saya juga berpesan supaya Ibu guru dapat mempertahankan cara mengajar dengan memberi contoh penerapan, motivasi, serta dorongan kepada siswa lain yang akan Ibu bimbing di kelas ini.
 
Contoh 10
 
Kesan: Bersekolah itu ternyata menyenangkan. Sungguh. Saya termasuk salah satu dari banyak orang yang beruntung karena bisa belajar di sekolah ini, menimba ilmu di sekolah ini, serta mengasah karakter tahan banting bermentalkan pengejar impian.
 
Selain itu, canda tawa, resah, gelisah, gundah dan segenap harap memperkaya rasa. Tidak hanya di bangku sekolah, pertemuan dengan guru serta rekan-rekan pembelajar akan menjadi kenangan indah nan tak terlupakan bagi hidup saya. Sekali lagi, saya merasa sangat beruntung bisa bersekolah di sini.
 
Pesan: Manfaatkanlah waktu sekolah dengan melakukan hal-hal yang berguna dan bermanfaat terutama untuk diri kita sendiri.
 
Bersekolah mungkin adalah dunianya bermain-main, bersenang-senang, bercanda gurau dan semisalnya.
 
Tapi, jangan lupa bahwa kita punya impian dan impian itu perlu dikejar. Sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, selangkah demi langkah. 
 
Seberapa pun kemajuan yang didapat, apresiasilah kemajuan tersebut. Dan banggalah karena kita termasuk orang-orang yang berjuang.
 
Contoh 11
 
Kesan: Dari luar, sekolah ini tampak seperti penjara bagi saya. Itu adalah imajinasi saat pertama kali saya membawa formulir untuk mendaftar di sini.
 
Tapi, seiring berjalannya waktu, saya pun merasa bahwa sekolah adalah bagian dari dunia yang harus saya perjuangkan.
 
Di sini saya bertemu dengan guru, yaitu orang-orang yang hebat dan tak pernah lelah memeras keringatnya untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.
 
Di sini saya bertemu dengan teman-teman sesama pelajar, ialah generasi masa depan yang bersemangat mengejar impian.
 
Jika saya tidak bersekolah, sudah pasti saya menjadi orang-orang yang tertinggal. Jika saya kurang serius di sini, sudah pasti saya akan termasuk orang-orang yang merugi. Saya beruntung dan bersyukur bisa menempuh pendidikan di sekolah ini.
 
Pesan: Seperti apa pun beban mu, tetaplah bersekolah. Seperti apa pun kesulitan mu, tetaplah datang ke sekolah. Hargai dan manfaatkanlah masa muda mu, karena sejatinya penyesalan akan datang kepada orang-orang yang sedikit berusaha, dan penyesalan yang semacam itu amatlah menyakitkan.
 
 
Nah itu dia 11 contoh kesan dan pesan untuk guru-guru di acara perpisahan sekolah.
 
Semoga bermanfaat .***
 
Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel
 

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X