Ide Games Montessori Yang Terkenal di Dunia PAUD

- Minggu, 24 Juli 2022 | 17:24 WIB
Ide Games Montessori Yang Terkenal di Dunia PAUD (Instagram @tunasharapansps)
Ide Games Montessori Yang Terkenal di Dunia PAUD (Instagram @tunasharapansps)

SurabayaNetwork.Id - Games Montessori merupakan metode yang terkenal sering digunakan para pengajar di taman kanak-kanak untuk membangun konsep belajar yang terbaik untuk anak, di mana para murid di kelas diberikan kesempatan yang sama untuk memutuskan cara yang menurut mereka paling efektif untuk belajar.

Dilansir dai sehatq.com konsep pembelajaran montessori berfokus pada keaktifan anak, Jadi konsep montessori lebih mengutamakan keikutsertaan anak terhadap proses kegiatan belajar.

Games montessori bisa diterapkan dimana saja termasuk dirumah, mintalah anak melakukan pekerjaan sederhana di rumah seperti mengelap meja, merapikan tempat tidur, merapikan mainan, atau membantu pekerjaan dapur sederhana.

Baca Juga: Kalah Lawan Persela, Presiden Gresik United 'Sekalian Nggolekno Pelatih Barune GU'

Teori Montessori pertama kali dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori pada awal tahun 1900-an. Dr. Montessori berpendapat bahwa anak-anak dapat belajar dengan lebih optimal apabila mereka bisa memilih sendiri subjek yang ingin mereka pelajari.

Anak-anak yang belajar dengan metode montessori juga akan bermain dengan aneka permainan yang mendidik. Meski terkesan memiliki metode pendidikan yang bebas dan tidak beraturan, pelajaran yang diajarkan dalam metode ini memiliki artian dan tujuan pendidikan tertentu dan bisa dipilih anak sesuai dengan kegemarannya, yang sesuai dengan usianya

Untuk anak pra-sekolah Anda bisa melakukan beberapa games ini dirumah.

1. Memindahkan benda kecil dengan sendok
Games ini terlihat sederhana namun bisa melatih sistem motorik anak, membuat otot tangan anak terbiasa dengan alat tulis ketika masuk ke sekolah.Masukkan biji kacang hijau atau kancing warna-warni ke dalam salah satu mangkuk, dan biarkan satunya kosong. Lalu ajak si kecil memindahkan setiap biji kacang hijau tadi ke dalam wadah satunya.

2. Membantu menjemur pakaian
Anda bisa menanyakan kepada Anak, ini pakaian siapa? ini celana atau baju? Ajak anak main tebak-tebakan dengan semua baju yang akan dijemur.

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

55 Judul Skripsi Manajemen 2022, Mudah dan Menarik

Rabu, 28 September 2022 | 22:22 WIB
X