Pemkot Sosialisasi ke Sekolah hingga Ponpes untuk Cegah Penularan Hepatitis Akut di Surabaya

- Selasa, 24 Mei 2022 | 08:40 WIB
Pemkot Sosialisasi ke Sekolah hingga Ponpes untuk Cegah Penularan Hepatitis Akut di Surabaya
Pemkot Sosialisasi ke Sekolah hingga Ponpes untuk Cegah Penularan Hepatitis Akut di Surabaya

SurabayaNetwork.id- Pemkot Surabaya mencegah penularan hepatitis akut dengan menggelar sosialisasi di lingkungan pendidikan hingga pondok pesantren (ponpes) yang ada di Kota Pahlawan.

Sosialisasi tersebut dimulai dari Paud Teratai Kebonsari, TK Perwanida Karah, SDN Karah 1, SMP Negeri 21, hingga Ponpes Al Fitrah di kawasan Tanah Kali Kedinding Kota Surabaya.

“Ini adalah gerak cepat pemerintah untuk mencegah penularan virus hepatitis di lingkungan sekolah, karena virus ini menyerang anak-anak yang berusia 17 tahun ke bawah. Karena itu, peran guru dan orang tua juga sangat diperlukan untuk mengingatkan anak-anak dalam menjaga kesehatan,” kata Bunda Paud, Rini Indriyani, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Pengemudi Pajero Tampar Pengendara Yaris di Tol, Ini Kronologisnya

Melalui sosialisasi pencegahan virus hepatitis akut ini, diharapkan virus tersebut tidak sampai masuk dan menyebar ke Kota Surabaya. Menurutnya, tenaga kesehatan telah dikerahkan untuk melakukan sosialisasi mengenai gejala, pencegahan, hingga penanganan hepatitis akut pada anak.

“Virus ini menyebar melalui oral-fekal, yakni virus yang masuk kedalam mulut melalui benda, makanan, atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh penderita sebelumnya. Nantinya, apabila mendapat keluhan dari anaknya, bisa segera ditindaklanjuti dengan membawanya ke layanan fasilitas layanan kesehatan,” jelasnya.

Selain Dinkes dan Dispendik, beberapa PD lainnya juga terlibat dalam sosialisasi pencegahan virus Hepatitis akut.

Baca Juga: Profil Andrew Kalaweit, YouTuber Blasteran Prancis-Indonesia yang Dijuluki Tarzan Kalimantan Tengah

Seperti Dinas Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (DKUKMP) ikut serta untuk memberikan pendampingan dan sosialisasi yang berkaitan dengan penjual makanan di sekitar lingkungan sekolah, mulai dari pengemasan, gizi, dan kebersihan makanan untuk anak-anak.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X