Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi: 300 Rumah Warga MBR di Surabaya Telah Diperbaiki

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:44 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi: 300 Rumah Warga MBR di Surabaya Telah Diperbaiki
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi: 300 Rumah Warga MBR di Surabaya Telah Diperbaiki

 
SurabayaNetwork.id- Wali Kota Eri Cahyadi menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah memperbaiki 300 rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang mendapat bantuan melalui Program Dandan Omah atau Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

“Program ini total yang kita kerjakan untuk tahun ini ada 900 unit, tapi yang sudah selesai sekitar 300 unit. Hari ini saya ingin bertemu dengan penerima manfaat, saya ingin tahu bahwa ketika rumah ini diperbaiki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, maka setelah itu yang menjaga dan meneruskan rumah ini adalah pemilik rumah tersebut,” katanya, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya, program Dandan Omah ini tidak hanya untuk memperbaiki rumah tetapi juga harus memperbaiki pendapatan warga tersebut. Sebab, warga dinilai tidak bisa memperbaiki rumah karena belum mendapatkan pendapatan yang mencukupi.

Baca Juga: Ini Alamat Rumah Pribadi Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Pembunuhan Terhadap Brigadir J

“Berarti masuk MBR dan kita memberikan lapangan pekerjaan untuk berusaha, setelah itu dia ndandani (memperbaiki) sendiri. Tadi dari tiga keluarga, Alhamdulilah satu keluarga sudah bisa mendapatkan pekerjaan. Ada yang di pabrik dan anaknya sudah bekerja, akhirnya pendapatnya bisa mencapai Rp 8 juta untuk satu keluarga” ungkap dia.

Ia menerangkan, untuk memberikan semangat kepada penerima manfaat, ia juga menempelkan stiker Dandan Omah di pintu rumah warga tersebut.

“Filosofinya untuk memberikan semangat bahwa rumah ini diperbaiki Pemkot Surabaya. Tapi ke depan, mereka bisa memperbaiki sendiri, dengan catatan mendapatkan pekerjaan dan penghasilan dalam satu keluarga yang minimal Rp 4 juta,” ujarnya.

Baca Juga: Profil dan Biodata AKP Rita Yuliana Polwan Cantik Berprestasi yang Punya Hubungan Khusus dengan Ferdy Sambo

Diakuinya, kawasan Jalan Tandes Kidul Kota Surabaya akan dilakukan sebagai kampung percontohan. Yakni, menyusun langkah strategis untuk menuntaskan MBR di kampung tersebut, serta membuat prototipe untuk kampung lainnya.

Rencananya, program percontohan tersebut akan segera dilaksanakan hingga empat bulan ke depan.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X