Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno Bertema Warisi Apinya Jangan Abunya

- Senin, 26 September 2022 | 21:18 WIB
Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno Bertema Warisi Apinya Jangan Abunya
Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno Bertema Warisi Apinya Jangan Abunya

 

SurabayaNetwork.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar sayembara desain Patung Bung Karno dengan tema Warisi Apinya, Jangan Abunya.

Rencananya, lokasi pembangunan Patung Bung Karno berada di tengah perempatan di Jalan Dr Ir H Soekarno (Merr) dan Jalan Raya Kertajaya Indah.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan pendaftaran tidak dipungut biaya atau gratis.

Para peserta bisa melakukan pendaftaran dan pengiriman karya pada 6 Juni - 20 Oktober 2022. Tahap penjurian dan presentasi pada 23 - 30 Oktober 2022.

Baca Juga: Syekh Yusuf Qaradhawi Meninggal Dunia Hari Ini, Umat Islam Berduka

“Pameran karya pada 1 - 9 November 2022 dan pengumuman pemenang pada 10 November 2022. Karya dapat dikirimkan ke Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya di Jalan Tunjungan No 1 - 3 Lantai 2 (eks Gedung Siola),” katanya, Senin (26/9/2022).

Sayembara terdapat beberapa ketentuan. Diantaranya, bentuk patung seluruh tubuh, ekspresi mencerminkan semangat bangsa, desain patung dalam bentuk 3 dimensi mockup/model miniatur dengan ketinggian minimal 80 cm, maksimal 100 cm, dan dilengkapi dengan bentuk base/landasan.

“Material mockup bebas, desain patung merupakan karya orisinil, bukan plagiat dan tidak terikat hak cipta manapun (dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai), peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu karya, menyertakan narasi dari desain karya patung, serta keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” ujarnya.

Pemkot Surabaya berhak menyempurnakan desain yang akan diaplikasikan. Karya desain patung juara 1, 2, dan 3 akan menjadi hak milik Pemkot Surabaya. Karya yang tidak masuk nominasi juara dapat diambil kembali oleh peserta dalam jangka waktu 2 minggu setelah pengumuman pemenang.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X