Pengurusan Hak Asuh Anak dan Akte Perceraian Kini Bisa Diambil di Siola Surabaya

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:29 WIB
Sinergi Pemkot dan PA Surabaya, Pengurusan Hak Asuh Anak dan Akte Perceraian Kini Bisa Diambil di Siola
Sinergi Pemkot dan PA Surabaya, Pengurusan Hak Asuh Anak dan Akte Perceraian Kini Bisa Diambil di Siola

 

SurabayaNetwork.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersinergi dengan Pengadilan Agama (PA) Kota Surabaya dalam memberikan pelayanan kepada warga Kota Pahlawan.

Kini pengurusan hak asuh anak, dan akte perceraian ke depannya bisa diambil di konter PA Mal Pelayanan Publik Gedung Siola, Surabaya.

Ketua Pengadilan Agama Surabaya, Samarul Falah menjelaskan selama ini telah banyak pelayanan publik hasil sinergi antara Pemkot Surabaya dengan pihaknya.

Baca Juga: Menurut Riset, Wanita Lebih Pandai Berselingkuh Dibanding Pria

Berbagai inovasi ini dilakukan karena untuk mengurai dan mengurangi warga yang datang ke kantor PA yang ada di Jalan Ketintang Madya Kecamatan Jambangan Surabaya.

“Inovasi-inovasi kami dengan Pak Wali Kota sudah banyak, diantaranya ada ACO-ERI yang merupakan sistem pendaftaran perkara e-court terintegrasi, kemudian ada Lontong Kupang yang berfungsi mempercepat pelayanan warga yang mengajukan isbat nikah, dan juga Sidak Pasukan. Lalu yang terbaru ini, pengurusan hak asuh anak kini lebih mudah,” katanya seusai bertemu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Senin (3/10/2022).

Sebelum inovasi ini tercipta, pengurusan hak asuh anak harus ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya, lalu mendaftarkan perkara ke Pengadilan Agama, membayar biaya perkara, sidang dan proses lainnya.

Selain itu, dalam akte perceraian juga tidak ada penjelasan tentang hak pengasuhan anak, sehingga pada saat itu pengurusan hak asuh anak cukup lama dan memakan biaya.

Baca Juga: Mantan Tim Kreatif Rizky Billar Ungkap Kronologi KDRT Lesti: Orang Sekitar Mau Bantu Dimarahi

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X