15 Prospek Kerja Sarjana Teknik Informatika, Fresh Graduate Harus Tau

- Jumat, 24 Juni 2022 | 10:47 WIB
15 Prospek Kerja Sarjana Teknik Informatika, Fresh Graduate Harus Tau
15 Prospek Kerja Sarjana Teknik Informatika, Fresh Graduate Harus Tau



SurabayaNetwork.id - Sektor teknologi informasi umumnya berada di pilihan pertama dalam daftar karier impian lulusan Teknik Informatika.

Berbekal ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama duduk di bangku kuliah, lulusan Teknik Informatika dapat memiliki nilai jual yang patut dibanggakan.

Lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan untuk merancang dan membangun perangkat lunak.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Menjadi Pembawa Acara Penyampaian Pesan Kesan, Salah Satunya Minum Air Putih

Selain itu, lulusan teknik informatika juga dibutuhkan untuk mengambangkan cara-cara baru yang efektif dan efisien guna menangani berbagai masalah komputasi.

Ada banyak sekali pilihan karier yang dapat dijajal oleh seorang fresh graduate dari jurusan Teknik Informatika.

Jenis dan jenjang kariernya juga cukup bervariasi dengan rata-rata gaji awal lulusan Teknik Informatika kisaran Rp5.000.000-Rp7.000.000.

Akan tetapi, besaran ini bergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, jenis pekerjaan, dan pengalaman yang kamu punya.

Nah, berikut ini Surabaya Network.id rangkum beberapa pilihan karier yang bisa digeluti oleh kamu lulusan Teknik informatika.

1. Programmer
Pemrogram komputer atau programmer menjadi salah satu jenis pekerjaan erat kaitannya dengan perkembangan teknologi saat ini.

Lantaran bertanggung jawab menulis kode-kode (coding) suatu program aplikasi maupun software, seorang programmer harus menguasai bahasa pemrograman dan andal menggunakannya.

Gaji programmer tergolong sangat tinggi, khususnya jika sudah punya jam terbang tinggi dan banyak pengalaman di bidang IT.

Di Indonesia, setidaknya gaji junior programmer mampu menghasilkan Rp60 juta setahun.

2. Analis keamanan informasi
Analis keamanan informasi atau information security analyst merupakan profesi yang penting saat ini.

Peran information security analyst sangat krusial di perusahaan, organisasi, maupun sektor pemerintahan.

Secara singkat, tugasnya untuk menjaga jaringan komputer serta data dan informasi digital dari ancaman, mulai dari serangan pencurian data, peretasan, malware, dan banyak lagi.

Selain itu, analis keamanan informasi juga bertanggung jawab untuk menjaga infrastruktur IT yang dimiliki perusahaan.

Gaji analis keamanan informasi di Indonesia rata-rata Rp96 juta per tahun, mengutip Glassdoor.

3. Software Engineer
Melansir Field Engineer, prospek kerja favorit lulusan teknik informatika tentu saja adalah sebagai seorang software engineer.

Bahkan, menurut Transparant Career, pekerjaan software engineer diprediksi akan mengalami perkembangan hingga 17% selama 10 tahun ke depan.

Pekerjaan ini mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelolaan dan optimalisasi software.

Hal itu seperti analisis teknik informatika dan matematika dalam desain, development, maintenance, hingga testing software komputer atau device lain.

Jenis-jenis software yang dibuat oleh seorang software engineer bermacam-macam, seperti sistem operasi dan network distribution, serta software untuk compiler yang mengonversi program untuk eksekusi pada komputer.

4. Insinyur Aplikasi
Pekerjaan selanjutnya yang dapat menjadi prospek kerja lulusan teknik informatika adalah Android developer.

Sesuai namanya, Android developer bertugas untuk membuat dan merancang aplikasi agar dapat digunakan pada perangkat berbasis Android.

Maka dari itu, mereka harus menguasai sejumlah bahasa pemrograman yang relevan dengan keperluan Android, seperti Java dan Kotlin.

Nah, melihat kemajuan operating system tersebut, profesi satu ini sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang memiliki aplikasi, lho.

5. Game Creator
Bagi lulusan teknik informatika yang gemar bermain game, karier sebagai game developer atau game Creator dapat menjadi pilihan yang baik.

Game Creator sendiri secara keseluruhan bekerja untuk mendesain dan membuat video game untuk komputer dan berbagai konsol, mulai dari konsep hingga eksekusi.

Adapun tugas-tugas yang dikerjakan oleh game Creator meliputi:

- Pembuatan storyline dan biografi karakter
melaksanakan design review
- Mendesain role-play mechanics
membuat prototipe yang dibuat untuk staf dan manajemen perusahaan
- Mendokumentasikan proses desain sebuah video game

6. System Analyst
Prospek kerja berikutnya yang dapat digarap oleh lulusan teknik informatika adalah sebagai seorang system analyst.

System analyst sendiri merupakan seseorang yang menggunakan sistem khusus untuk mendesain solusi dalam arsitektur teknologi informasi.

Mereka diwajibkan untuk memodifikasi dan mengoptimalkan sistem yang ada sambil mengintegrasi fitur-fitur agar lebih efisien dan produktif.

Menurut Computer Science, system analyst akan terjun dalam proyek-proyek yang mengharuskannya untuk memeriksa model bisnis dan menganalisis kebutuhan sistem tersebut.

7. Insinyur Perangkat lunak
Seorang insinyur perangkat lunak adalah orang yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak untuk desain, pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi dari perangkat lunak untuk membuat perangkat lunak komputer atau perangkat lain yang berisi perangkat lunak bekerja.

8. Teknisi Robot
Teknisi robot memiliki peran menciptakan dan merawat robot-robot yang membantu tugas manusia ini.

Kamu juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan robot tersebut bekerja dengan baik sebagaimana mestinya ya quipperian!

9. Teknisi Rekam Medis
Teknisi rekam medis adalah sosok yang membuat sistem informasi rekam medis itu loh.

Memang, rekam medis sendiri adalah sistem informasi yang berisikan data pasien mulai dari kartu riwayat pemeriksaan hingga proses perawatan pasien di rumah sakit.

10. Technopreneur
Technopreneurship adalah gabungan dari kata technology dan entrepreneur yang diartikan sebagai bisnis atau usaha yang berbasis teknologi.

Sehingga tak hanya keahlian dalam berbisnis dan berwirausaha tetapi pengetahuan akan teknologi yang berkembang juga dibutuhkan.

11. Data scientist
Data scientist atau ilmuwan data bertanggung jawab mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

Seorang data scientist harus memiliki pengalaman di data mining, keahlian scripting dan programming, serta kemampuan statistik yang kuat.

Hingga kini, jumlah orang sebagai data scientist tergolong langka dengan permintaan tenaga kerja yang tinggi.

Gaji rata-rata yang didapat oleh data scientist di Jakarta berkisar Rp144 per tahun.

12. Mobile Application Developer
Satu lagi prospek kerja di bidang teknik informatika adalah sebagai seorang mobile application developer.

Mobile application developer bertugas untuk membuat, menguji, dan memprogram aplikasi khusus untuk smartphine di berbagai sistem operasi seperti iOS, Android, dan Windows Phone.

Maka dari itu, pekerjaan satu ini juga memayungi profesi seperti android developer dan iOS developer.

Jika ingin menjadi mobile application developer, lulusan teknik informatika harus mempelajari bahasa pemrograman dan software development environment untuk platform yang mereka pilih.

Pasalnya, saat ini, banyak mobile platform yang memiliki bahasa intinya masing-masing, seperti Java untuk Android, Objective-C untuk iOS, dan C# untuk Windows Phone.

13. Web developer
Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah menjadi pengembang web atau dikenal dengan istilah web developer.

Web developer menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati dengan bayaran yang tinggi.

Tugas web developer berfokus membangun produk website atau sistem web. Mulai dari mengatur domain, membuat basis data, serta mendesain, mengembangkan, hingga memelihara situs web.

Selain bekerja di perusahaan, web developer juga dimungkinkan untuk bekerja sendiri sebagai freelancer yang mengerjakan proyek berdasarkan permintaan klien.

Gaji web developer di Jakarta rata-rata Rp84 juta per tahun atau bisa lebih tinggi bergantung perusahaan tempatnya bekerja.

14. Konsultan IT
Konsultan IT umumnya bertindak sebagai jembatan antara klien dan tim teknis.

Konsultan IT membantu klien untuk mengatasi permasalahan IT terkait sistem dan operasional di perusahaan.

Dengan demikian, perusahaan yang dijalankan klien dapat lebih siap menghadapi persaingan bisnis sesuai dengan kondisi perkembangan teknologi.

Gaji konsultan IT di Jakarta mencapai Rp120 juta per tahun atau lebih bergantung perusahaan tempatnya bekerja.

15. Dosen
Selain perkerjaan di atas, kamu juga bisa mencoba pekerjaan menjadi dosen.

Kamu bisa mencoba menjadi dosen diberbagai universitas terbaik Indonesia. Pastikan juga kamu telah menyelesaikan sekolah S2 untuk menjadi dosen ya.

Nah, itu dia 15 macam pekerjaan yang bisa digeluti oleh kamu lulusan teknik informatika.

Pekerjaan apa yang ingin kamu coba?
***

Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Istilah yang Wajib Diketahui Designer Pemula

Minggu, 19 Juni 2022 | 15:58 WIB

Cara Download Video dari Youtube Tanpa Aplikasi

Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:53 WIB

6 Aplikasi Terbaik Edit Video di HP, Gratis!

Selasa, 14 Juni 2022 | 08:11 WIB
X